5 Keunikan Kota Luwuk

Inilah 5 budaya ataupun tradisi Kota Luwuk yang di anggap sebagai sesuatu yang unik. Keunikan ini, mungkin juga dirasakan orang-orang yang baru pertama kali berkunjung ke kota ini. Kalo gak percaya silahkan dibuktikan sendiri dengan berkunjung langsung ke kota ini : 

1. Sambal dabu-dabu




Bagi anda yang sudah pernah berkunjung , pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sambal dabu-dabu. Sambal yang khas dan enak. Suatu kebiasaan yang unik di Luwuk. Yang membuat sambal ini unik, bukan rasa ataupun cara membuatnya. Sambal ini saya katakan unik karena pemakaiannya. Apapun makannya, sambalnya pasti dabu-dabu. Mungkin kalau tidak berlebihan bisa dikatakan seperti itu. Hampir semua makanan yang digoreng pasti disantap bersama dengan sambal dabu-dabu. Pisang goreng+sambal dabu-dabu adalah contoh yang paling sering bisa di temui. Sungguh budaya yang terasa unik, memang terasa aneh dilidah untuk pertama kali, tapi selanjutnya di jamin ketagihan.

2. Bahasa daerah

Bahasa daerah di sini, bisa dikatakan hampir mirip dengan bahasa Indonesia, cuman ada perbedaan sedikit dan tidak terlalu signifikan. Jadi bagi anda yang baru pertama kali datang ke Luwuk tidak akan kesulitan untuk memahaminya. Uniknya, bahasa daerah disini seperti bahasa Indonesia yang disingkat-singkat. Mungkin untuk mengirit kata-kata. Contohnya:
* so makan = sudah makan
* sa pe motor = saya punya motor (motor punya saya)
* tahambur = terhambur
*sa pi sana = saya pergi ke sana (mana sapinya yahhh...)
dan masih banyak lagi yang belum disebutkan disini.

3. Ojek dan Taksi

Anda semua pasti tahu ojek. Di Luwuk, ojek adalah mata pencaharian dan juga kerja sampingan yang sangat di gandrungi. Tidak perduli apa latar belakang nya, baik Guru, PNS, ataupun siswa dan mahasiswa. Dengan seragam yang khas, ojek Kota Luwuk siap mengantar anda kemana saja di dalam kota dengan tarif bervariasi antara Rp 2000-5000 tergantung dari jarak tempuh. Bahkan jika anda ingin keluar kota, seperti daerah Masama misalnya, yang memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan, ojek siap mengantar anda selamat sampai tujuan.

Positifnya, karena begitu banyaknya ojek, anda tidak akan kesulitan mencarinya. Jadi bagi anda pendatang baru yang belum ada kendaraan, anda tidak perlu takut atau pusing memikirkan masalah transportasi di sini.

Taksi, anda tentu sudah mengenalnya. Yang ada didalam bayangan anda mungkin mobil jenis sedan, nyaman dan ber-AC. Namun anda jangan kaget jika taksi di Luwuk tidak sesuai dengan bayangan anda tadi. Taksi disini berbentuk mini bus, berdesakan dan tanpa AC mungkin di kota besar anda menyebutnya mikrolet.
Itulah taksi disini, menawarkan anda perjalanan yang menyenangkan yang selalu full music terbaru dengan volume selayaknya diskotek.

4. SPBU Pertamina
 
 SPBU di Luwuk belum ada yang buka 24 jam, rata-rata jam 10 malam sudah tutup. Mungkin suatu saat akan ada SPBU yang buka 24 jam. Kita tunggu aja tanggal mainnya. Tapi anda jangan khawatir jika suatu malam anda kehabisan bensin dan tidak SPBU yang buka, karena kios-kios kecil disepanjang jalan yang menjual bensin eceran siap melayani anda 24 jam. Masalah harga tidak terlalu mahal kok !!!
 





5. Pos Polisi
Boleh percaya ato tidak. Dari seluruh kota Luwuk ini, hanya terdapat 1 Pos Polisi. Pos Polisi ini entah kenapa sering di sebut Pos Monyet oleh masyarakat di sini. Mungkin banyak yang kena tilang terus keluar deh kata-kata “Monyet”. Tapi itulah namanya keunikan. Hanya masyarat setempat yang tau asal muasalnya.

No comments:

Post a Comment