Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan
oleh pendidik anak usia dini adalah menyiapkan anak didik agar dapat
hidup di masa depan dengan lebih baik. Diperkirakan pada masa depan
nanti penggunaan teknologi akan semakin mendominasi kehidupan kita.
Untuk itu semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut
kepada anak didik.Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan
menentukan kejayaan sebuah bangsa. Guru sebagai agen pembelajaran sudah
sepantasnya menguasai perangkat teknologi, khususnya komputer.
Pengenalan perangkat teknologi semenjak dini berguna untuk menghindarkan
munculnya generasi muda yang gaptek atau gagap dalam menggunakan
teknologi. Sehingga di masa depan nanti guru tidak hanya berperan
sebagai penyampai materi semata tetapi lebih berperan sebagai
fasilitator yang mampu menciptakan proses belajar dalam individu.
Langkah awal dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat
dimulai dengan menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer
terhadap kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak
tugas dan pekerjaan manusia. Contoh yang dapat disampaikan misalnya: 1.
Pengatur lalu lintas udara di bandara menggunakan komputer untuk
mengatur jadwal penerbangannya 2. Dokter menggunakan komputer untuk
membantu memeriksa/mendiagnosa kondisi pasien 3. Perusahaan percetakan
menggunakan komputer untuk mengatur tata letak berita dan ilustrasi yang
terdapat dalam koran atau majalah 4. Pelajar dan mahasiswa menggunakan
komputer untuk mengetik, mencari dan memperoleh informasi serta
menyelesaikan tugas-tugas sekolah 5. Perkantoran menggunakan komputer
untuk membuat administrasi 6. Komputer dengan kemampuan multimedia mampu
menampilkan informasi secara nyata yang dapat dimanfaatkan sebagai
sarana hiburan. Misalnya untuk mendengarkan musik, menonton film,
bermain game dan sebagainya 7. Dengan teknologi yang ada pada komputer
manusia dapat terhubung secara luas dengan seluruh jaringan yang ada di
dunia. Jaringan komunikasi tersebut adalah internet Banyak contoh lain
yang dapat dikemukakan tentang manfaat komputer dalam kehidupan manusia.
Dengan menceritakan manfaat komputer pada anak usia dini diharapkan
mereka akan mulai tertarik untuk mengenal komputer Salah satu
karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang
sangat besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak
hal yang menarik bagi mereka. Sebagai pendidik kita tidak boleh bosan
dengan banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang
mereka ingin ketahui termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses
belajar pada hakikatnya diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam
diri seseorang. Tanpa adanya rasa ingin tahu, seseorang tidak akan
pernah tertarik untuk belajar. Dan pengalaman belajar akan sangat
berkesan jika anak melakukan langsung (hand on). Ajaklah anak untuk
mengamati, melihat dan menyentuh langsung obyek yang akan dipelajari.
Untuk itu tentu saja guru harus menyediakan perangkat komputer sebagai
media pembelajaran Pembelajaran tentang teknologi komputer pada anak
usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer sebagai
teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu
mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang
memudahkan kerja kita semua. Penjelasan tentang teknologi komputer ini
hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa yang
sederhana pula Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia
dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan
bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi Power Paint guru dapat
mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk
belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan
anak akan terlihat pada layar monitor. Anak dapat mem-print out hasilnya
dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio Dengan potensi multimedia
yang dimiliki komputer juga dapat digunakan untuk memainkan program
musik dan mengiringi anak-anak bernyanyi. Disamping itu guru juga dapat
mengajak anak untuk memutar film-film pendidikan.Hal ini tentu saja
sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang berada
dalam tahapan praoperasional dimana anak belum mampu berpikir secara
abstrak. Dengan pemanfaatan berbagai program aplikasi secara tepat akan
dapat membantu anak memahami materi belajar dengan lebih baik. Misalnya
dalam pengenalan huruf dan angka, guru dapat memanfaatkan program power
point untuk merancang pembelajaran Sebagai sebuah teknologi, penggunaan
komputer untuk keperluan pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan
juga keterbatasan. Adapun kelebihan komputer sebagai sarana untuk
belajar antara lain: 1. Siswa dapat mengontrol kegiatan belajarnya
sendiri 2. Program komputer dapat mencatat secara otomatis prestasi dan
hasil belajar siswa 3. Dapat digunakan untuk mengelola informasi yang
telah diperoleh melalui sebuah proses belajar 4. Memberikan pengalaman
belajar yang variatif 5. Melatih kemampuan individu untuk berpikir
secara logis dan sistematis Adapun keterbatasan komputer adalah: 1.
Hanya efektif untuk digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran
kognitif atau kemampuan intelektual 2. Penggunaannya bersifat
individual. Kegiatan pembelajaran dengan komputer kurang memberikan
kesempatan kepada siswa untuk melakukan interaksi sosial. Interaksi
yangmungkin dilakukan dengan menggunakan komputer adalah interaksi
secara virtual atau maya. Dalam mengenalkan komputer sebagai media
pembelajaran guru perlu mengetahui hal ini, sehingga guru dapat
memanfaatkan potensi program komputer secara optimal dan mengatasi
hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment